Belajar cara Mengganti IC EMMC Untuk Pemula - Android Legit

Belajar Mengganti IC EMMC Untuk Pemula - Banyak sekali pemakai android yang mengeluhkan mahalnya harga penggantian emmc pada android mereka yang rusak, sampai membuat tak tidak banyak dari pemakai android yang berfikir untuk mengerjakan penggantian emmc sendiri.

Harga IC emmc sebetulnya tidak terlampau mahal, mungkin berkisar antara 100 sampai 200 ribu rupiah saja. Namun bagaimana teknik mengganti / repair emmc pada android ? mengapa penggantian emmc di tukang servis dapat mencapai 500 sampai 800 ribu rupiah ?

Pada peluang kali ini saya akan menyatakan proses penggantian emmc pada android. Untuk kalian yang hendak mencoba mengerjakan penggantian unit emmc sendiri pasti tidak hanya lumayan dengan memakai penjelasan yang akan ucapkan nanti. Karena penggantian emmc memerlukan peralatan dan kemahiran khusus. Namun tidak masalah andai kalian mempunyai lumayan modal. Tidak melulu modal peralatan tetapi modal pengetahuan dan kemampuan di bidang elektronika khususnya tekni menggunakan perlatan perlengkapan modern.
emmc
IC EMMC
Baiklah, bakal saya mulai dari perlengkapan apa saja yang mesti anda siapkan untuk mengerjakan penggantian emmc pada android. Jangan kaget ya andai ternyata nanti terdapat satu atau dua perangkat yang kalian benar benar tidak tau dan belum pernah mendengar apa lagi menyaksikan* tool yang saya maksud.
Tapi kalian dapat mencari tau format fisik dari tool yang bakal saya sampaikan nanti. Oke guna yang PERTAMA kita kupas dulu perlengkapan yang di butuhkan, Berikut adalah langkah-langkahnya :
  • Pertama siapkan obeng yang berguna untuk membuka casing dan motherbord hape kalian.
  • Pemanas yang digunakan untuk melepas emmc dari motherboard. Karena kaki emmc berupa BGA ( kali IC yang sedang dipermukaan bawah IC ).
  • Cara melepasnya juga harus dengan perlengkapan khusus, tidak dapat menggunakan solder biasa yang punya ujung runcing. Tapi kalian perlu solder uap atau yang tidak jarang di sebut blower, atau yang canggih kalian dapat menggunakan BGA rework. Kalian dapat membeli kedua perangkat ini di toko perlengkapan service komputer, harga 1 unit solder uap berkisar antara 300 sampai 600 ribu rupiah, Sedangkan BGA rework dapat kalian beli dengan kisaran harga 8 juta rupiah. BGA rework memang mahal sebab sudah memakai teknologi laser sebagai pemanas.
  • Perlengkapan penyokong lain laksana timah solder cair ( flux ) pasta dan kuas.
  • Dan yang tidak kalah penting, kalian mesti mempersiapkan perangkat untuk memenuhi data pada emmc. Karena laksana yang telah saya sampaikan sebelumnya, bahwa emmc mengandung data data, maka saat kita mengubah emmc mesti di isi data yang sama dengan emmc sebelumnya, sebab emmc yang baru anda beli masih dalam situasi kosong. Ketika anda pasang dalam situasi kosong hape tidak akan dapat berkerja atau bahkan tidak dapat di nyalakan. Alat untuk memenuhi data pada emmc paling banyak, kalian dapat menggunakan RIF, JTag, Volcano dan perangkat donggel lain guna memasukan data yang berupa firmware. Biasanya file firmware ini ber extensi .bin dan diperoleh dari Copy atau dumping dari emmc sejenis dari handphone yang masih sehat. Harga alat tersebut digunakan untuk memasukan file firmware seperti yang udah saya sebutkan tadi berkisar antara 1 sampai 3 juta rupiah.
Baca juga : File dump EMMC lengkap Samsung Devices

Oke kalian telah tau ya apa saja perlengkapan dan bahan yang diperlukan untuk mengerjakan penggantian emmc ? bila sudah tau anda lanjudkan ke proses atau urutan yang mesti saya dan anda lakukan untuk mengubah emmc lama dengan yang baru.
  • Pertama siapkan emmc yang telah terisi data data yang sama dengan dengan data pada emmc lama kalian dengan teknik meng-copy file dumping dari emmc lama yang masih sehat ke emmc baru dengan pertolongan alat yang saya sebutkan pada nomer 4 di atas.
  • Lepaskan emmc lama yang rusak memakai blower atau BGA rework, teknik menggunakanya tentu ada dalam kitab petunjuk pada ketika kalian melakukan pembelian tools tersebut.
  • Bersihkan sisa timah yang masih menempel pada motherboard atau pada papan hape sampai bersih memakai kuas atau penyedot timah.
  • Ini proses yang sangat sulit, pada poin ini anda harus membuat lagi kaki baru pada emmc yang bakal di pasang, Karena IC BGA  membutuhkan kaki supaya bisa di pasang pada motherboard, dan kaki BGA belum ada ketika kita melakukan pembelian emmc, jadi anda harus buat sendiri. Caranya cari cetakan kaki yang format dan posisinya sama serupa dengan kaki kaki emmc. Gunakan timah cair untuk memenuhi cetakan kaki dan bekukan dengan blower, dan andai sudah keras dan menyusun kaki berupa bola bola yang menempel pada kaki emmc. lepaskan cetakan dan emmc siap di pasang pada motherboard.
  • Pasang emmc yang telah beraki pada moterboard tidak boleh sampai salah posisi dan terbalik, tempelkan kaki kaki cocok dengan jalur pada motherboard. Lalu panaskan dengan blower hingga kaki berbentuk bola tadi menempel pada jalur motherboard. Hati hati, karena kalau terlalu panas dapat mengakibatkan emmc mati dan dapat merusak komponen di dekat emmc. Karena kaki emmc ini berjumlah paling banyak, kalian harus yakin bahwa seluruh kaki telah terhubung dengan jalur motherboard, karena kalau satu kaki saja tidak tehubung, saya pastikan kegiatan kalian bakal sia sia.

Nah itulah penjelesan singkat tentang bagaimana teknik repair emmc pada android. Saya yakin sesudah membaca keterangan singkat saya di atas tadi, kalian bakal mundur tertata dari niat kalian untuk melakukakan penggantian emmc. Di samping harga perlengkapan yang paling mahal tingkat kendala lain ialah pada proses pelepasan dan pemasangan emmc yang mesti di kerjakan dengan extra hati hati, di tambah file dump firmware ini tidak gampang untuk di dapatkan. Hanya teknisi handphone yang sudah memiliki jamterbang tinggi saja barangkali yang mempunyai file ump emmc yang lengkap.